Contoh Bahasa Jepang yang digunakan Sehari-hari

Saat pergi ke Negeri Sakura, ada beberapa bahasa jepang yang digunakan sehari-hari. Semua penduduk yang ada di negara ini sudah terbiasa dengan bahasa Jepang.

Sehingga bila Anda membutuhkan sesuatu, maka harus tahu dulu percakapan dasar bahasa Jepang. Informasi kali ini akan membahas tentang contoh percakapan bahasa Jepang.

 


Contoh Percakapan bahasa jepang yang digunakan sehari hari

Umumnya, kalimat Jepang untuk memberikan salam tergantung dari waktunya mulai dari pagi, siang, sore, atau malam. Berikut ini ada beberapa bahasa jepang yang digunakan sehari hari.

·         Ohayou-gozaimasu: Selamat pagi

·         Konnichiwa: Halo 

·         Konbanwa: Selamat malam

·         Arigatou gozaimasu: Terima kasih

Khusus 'arigatou' merupakan ungkapan yang digunakan untuk rasa terima kasih. Anda bisa mempersingkat frasa menjadi 'arigatou' dalam kondisi santai dan 'arigatou gozaimasu' agar lebih sopan.

Untuk membalas seseorang yang mengucapkan 'Arigatou gozaimasu', maka bisa berkata 'Dou itashimashite yang berarti 'Sama-sama'.

Selain itu, bisa menggunakan 'hai' sebagai respons yang positif. Untuk bilang tidak, katakan 'iie'. Biasanya, Kata 'hai' diucapkan dengan menundukkan tubuh.

1.     Sumimasen: Permisi

Kata 'sumimasen' digunakan sebagai permintaan maaf atau izin bertanya. Misalnya saja seperti menyapa orang asing. Frasa ini mirip dengan bahasa Inggris 'excuse me'.

2.     Itadakimasu: Ungkapan sebelum makan

Gochisousama deshita termasuk ungkapan kata setelah makan; yang berarti 'Terima kasih atas makanannya.' Di Jepang, kata ini menjadi kebiasaan untuk menyatakan 'Itadakimasu'.

'Gochisousama deshita' berarti 'Terima kasih atas makanannya' diucapkan selesai makan. Keduanya digunakan untuk mengungkapkan rasa terima kasih terhadap orang yang menyiapkan makanan.

Jadi Anda bisa menggunakan kata tersebut untuk bisa menunjukkan penghargaan. Ucapan yang lebih sopan untuk bisa mengatakan 'Gochisousama deshita'.

Contoh dari Pertanyaan Saat Tersesat

Di bawah ini ada beberapa frase yang berguna jika Anda tersesat. Kalimat ini bisa membuat Anda lebih mudah membantu orang lain, yaitu: 

3.     O-tazune shite mo ii desu ka?: Bolehkah saya mengajukan pertanyaan?

Kata diatas bisa digunakan untuk menanyakan arah terhadap seseorang. Bahasa jepang yang digunakan sehari hari di atas merupakan kalimat tepat untuk memulai interaksi.

Apabila ingin membantu, bisa menjawab 'Hai, ii desu yo' (ya, tidak apa-apa). Kata ini menyatakan sesuatu untuk membantu seseorang. Namun, jika ingin mengatakan Gomenasai dan Sumimasen juga bisa.

Keduanya mempunyai arti maaf, dan tidak bisa membantu. Jadi Anda bisa mencari orang lain untuk bertanya.

4.     Chizu o kaite moraemasu ka?: Bisakah kamu menggambar peta untuk saya?

Apabila Anda kesulitan memahami petunjuk arah yang diberikan, maka bisa meminta seseorang untuk menggambar peta yang sederhana. Cukup berikan pena dan kertas, Anda menyerahkannya kepada mereka sambil bertanya 'Kai Te moraemasenka?' ('Bisakah kamu menggambarnya?').

Bagi Anda yang berniat belajar bahasa Jepang bisa menggunakan jasa Vokasi Bahasa Jepang. Itu saja beberapa contoh bahasa jepang yang digunakan sehari hari. Dengan memahami kalimat tersebut, Anda bisa mencoba berkomunikasi dengan penduduk lokal di Jepang.