Ingin Magang Di Jepang? Ketahui Persiapan Dasar dan Keuntungannya

Jepang menjadi salah satu tujuan favorit untuk magang ataupun bekerja. Besarnya gaji yang diterima selama bekerja jadi salah satu pertimbangan warga negara Indonesia untuk mengadu nasibnya di Negeri Sakura. Ada banyak cara yang bisa Anda tempuh untuk bekerja atau magang di Jepang, salah satunya melalui lembaga resmi.

Namun, sebelum berangkat ke Jepang, sebaiknya ketahui dulu apa saja persiapan dasar dan keuntungan mengikuti program magang. Daripada penasaran, simak ulasannya sampai selesai.

Persiapan Dasar Magang Ke Jepang



Magang di Jepang tidaklah sama seperti di Indonesia. Ada beberapa perbedaan yang cukup mencolok, mulai dari kultur, sistem kerja, hingga regulasi pemerintahnya. Untuk itu, siapkan hal-hal dasar berikut ini.

1. Siapkan Niat dan Mental

Modal utama untuk magang ke Jepang adalah membulatkan niat dan mental. Mengikuti program magang di Jepang berarti Anda harus berpisah dari keluarga di Indonesia. Anda perlu beradaptasi dengan semua hal yang ada di Jepang, tidak terkecuali perbedaan musim yang sangat kentara.

Untuk itu, jangan mengikuti program magang hanya karena coba-coba. Sebab durasi magang di Jepang tidak cukup sehari dua hari saja. Terlebih lagi budaya kerja di Jepang itu tergolong tegas dan keras. Bila tidak memiliki niat dan mental yang kuat, Anda justru akan kewalahan selama mengikuti program.

2. Menguasai Bahasa Jepang

Menguasai bahasa Jepang adalah poin penting yang harus Anda siapkan. Mengikuti program magang di Jepang berarti Anda akan bekerja dengan orang Jepang, di mana bahasa yang mereka gunakan sehari-hari adalah bahasa Jepang.

Jika tidak memiliki kemampuan bahasa Jepang yang bagus, Anda akan kesulitan memahami instruksi dan berkomunikasi. Kendala bahasa ini menjadi permasalahan serius, karena akibatnya cukup fatal. Untuk itu, setiap calon peserta magang harus mengikuti pelatihan terlebih dahulu dan dinyatakan lulus dalam pelatihan tersebut.

3. Pahami Kebudayaan Jepang

Selain bahasa, Anda juga harus memahami kebudayaan Jepang. Negeri matahari terbit ini punya kebudayaan yang sangat berbeda dari Indonesia. Orang Jepang sangat disiplin soal waktu dan prinsip hidup mereka kuat. Bahkan, kepedulian mereka terhadap lingkungan pun sangatlah tinggi. Jika Anda tidak memahami kebudayaan mereka, Anda bisa kesulitan sendiri.

4. Fisik yang Sehat

Tak cukup dengan penguasaan bahasa Jepang dan memahami kebudayaannya, Anda juga harus memiliki fisik yang sehat untuk mengikuti program magang di Jepang. Perlu diingat bahwa Jepang memiliki 4 musim, yakni musim semi, musim semi, musim gugur dan musim dingin.

Musim dingin di Jepang terkadang menyentuh suhu yang sangat ekstrem. Bagi orang Indonesia yang tidak pernah merasakan musim dingin tentunya ini menjadi permasalahan yang serius. Terlebih jika Anda memiliki riwayat medis yang bisa kambuh sewaktu-waktu akibat suhu dingin.

5. Siapkan Dokumen Keberangkatan

Terakhir, siapkan dokumen keberangkatan Anda. Beberapa dokumen yang dibutuhkan mulai dari visa, passport, dan beberapa dokumen tambahan yang jadi persyaratan dari tempat magang Anda di Jepang. Urusan dokumen harus dipersiapkan sejak jauh-jauh hari, karena proses pembuatannya tidak sehari jadi.

Keuntungan Mengikuti Program Magang di Jepang

Meskipun persiapan mengikuti program magang di Jepang tidaklah mudah, tapi ada sejumlah keuntungan yang akan Anda peroleh. Keuntungan pertama tentunya dari segi gaji, di mana angkanya dapat menyentuh belasan juta per bulan.

Namun, besarnya gaji yang diterima tidaklah sama, tergantung kebijakan dari perusahaan masing-masing. Selain gaji, inilah beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika mengikuti magang di Jepang.

1. Menambah Ilmu dan Pengalaman Baru

Tak bisa dipungkiri bila negara Jepang unggul dalam bidang teknologi dan pengetahuan. Hal ini bisa dilihat dari produk-produk Jepang yang masuk ke Indonesia. Rata-rata kualitasnya tak perlu diragukan lagi. Ketika Anda terjun ke dunia kerja di Jepang, Anda pun akan mendapatkan ilmu dan pengalaman baru yang tidak didapatkan bila bekerja di Indonesia.

2. Membentuk SDM yang Unggul

Keuntungan yang kedua adalah membentuk SDM unggul. Jepang adalah negara yang disiplin, baik dari segi kehidupan sehari-hari maupun budaya kerjanya. Saat mengikuti program magang, Anda pun dituntut untuk beradaptasi dengan peraturan yang berlaku.

Hal ini akan membuat kedisiplinan Anda turut meningkat. Ketika Anda mulai terbiasa melakukan pekerjaan dengan ritme kerja orang Jepang, maka kualitas Anda pun akan mulai meningkat.

3. Dapat Mengeksplorasi Budaya Baru

Ada banyak pengalaman dan hal-hal baru yang akan Anda dapatkan selama mengikuti program magang di Jepang, salah satunya soal budaya. Saat orang lain mengeksplorasi kebudayaan Jepang melalui serial atau literatur-literatur online, Anda berkesempatan untuk mengeksplorasinya secara langsung.

Bahkan saat hari libur, Anda bisa memanfaatkannya untuk mengunjungi destinasi-destinasi menarik di Jepang. Sangat menarik bukan?

Rekomendasi Lembaga Pelatihan dan Lowongan Magang di Jepang

Bagi Anda yang tertarik untuk mengikuti program magang ke Jepang, Anda dapat mendaftar melalui lembaga resmi. Dari beberapa lembaga yang ada di Indonesia, Tensei Tangerang jadi salah satu lembaga resmi dan terpercaya untuk menyalurkan tenaga kerja ke Jepang.

Sebagai salah satu lembaga yang terpercaya, Tensei Karawang telah meluluskan lebih dari 4500 siswa yang tersebar di berbagai industri di Jepang. Tak hanya itu, Tensei telah bekerja sama dengan 84 perusahaan di Jepang dan akan terus bertambah.

1. Tahapan Magang di Jepang

Untuk mengikuti program magang, ada beberapa tahapan yang harus calon peserta lewati, diantaranya adalah:

· Pembekalan pra seleksi

Pembekalan dilakukan di LKP Tensei selama 60 jam. Calon peserta magang akan dibekali materi bahasa Jepang dasar.

· Pendaftaran

Calon peserta harus mengisi administrasi, kelengkapan dokumen, dan menjalani interview awal pada tahap ini.

· Seleksi

Pada tahap ini calon peserta magang akan mengikuti seleksi test tulis dengan mengerjakan matematika dasar, psycho test, dan tes fisik.

· Kakunin test

Selanjutnya adalah tahapan kakunin test, yaitu interview secara mendetail pada calon peserta magang.

· Pemeriksaan kesehatan

Setelah lolos kakunin test, Anda harus melakukan pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu. Jika tidak memenuhi syarat, Anda tidak akan bisa mengikuti program magang ke Jepang.

· Diklat magang

Pada tahap ini Anda akan diberi pelatihan bahasa, budaya, dan etos kerja Jepang. Diklat akan diadakan di LPK Tensei dengan total waktu belajar keseluruhan adalah 200 jam. Tahap terakhir adalah pemberangkatan peserta magang ke Jepang.

2. Lowongan Manga di Jepang

Kabar baik untuk Anda yang ingin mendaftar program magang, sebab ada beberapa lowongan pekerjaan yang dibuka pada 2 Februari nanti. Bagi siswa dan alumni yang ingin mendaftar bisa langsung menghubungi: 0896-1157-4857. Adapun lowongan yang tersedia adalah di bidang Manufaktur, Pertanian, dan Kaigo (Care Giver).

Itu tadi persiapan dasar, keuntungan, dan rekomendasi LPK terpercaya bagi Anda yang berminat mengikuti program magang di Jepang. Selamat mencoba! Semoga berhasil.