Bunmeido Castella, Toko Kue Terkenal di Nagasaki

Bunmeido Castella, Toko Kue Terkenal di Nagasaki. Setiap daerah di Jepang memiliki spesialisasi, dari miso hingga melon hingga mentaiko. Nagasaki, di tepi barat Kyushu, tidak berbeda, hanya makanannya yang paling terkenal yang sebenarnya merupakan impor.


Castella (atau kasutera, dalam bahasa Jepang Romawi) adalah kue bolu ringan yang berasal dari dapur Eropa. Ketika orang Portugis pertama kali mendarat di Jepang pada pertengahan tahun 1500-an, mereka membawa serta kue yang disebut Pão de Castela, atau “roti dari Kastilia”, dinamai menurut sebuah wilayah di Spanyol tengah. Sulit untuk menentukan apakah kue tersebut asli Spanyol atau Portugis, tetapi tidak lama kemudian castella menjadi makanan pokok di kancah kuliner Nagasaki.



Bahan utama castella cukup mendasar - telur, gula atau madu, tepung dan sedikit pati. Kue bolu versi polos ini adalah yang paling sering dilihat di toserba, tetapi jika Anda sering mengunjungi toko khusus seperti Bunmeido, Anda akan menemukan beberapa kue kelas atas lainnya.

Bunmeido konon adalah toko castella paling terkenal di Nagasaki, menempati sudut sibuk di dekat Dejima yang bersejarah sejak tahun 1900. Sementara toko castella lainnya di Nagasaki seperti Fukusaya beberapa abad lebih tua dari Bunmeido, yang pertama menjadi terkenal di tahun 1960-an berkat iklan TV. Sekelompok anak kucing menari akan menyanyikan jingle berikut:

Castella adalah nomor satu. Telepon itu nomor dua. Ini Bunmeido untuk camilan pukul 3.

Saya tidak sepenuhnya yakin saya mengerti, tetapi cukup banyak orang yang tertarik dengan iklan bahwa penjualan Bunmeido melonjak dan tetap cukup tinggi hingga hari ini. Dengan pemikiran itu (dan dengan keberuntungan buta karena tersandung di Bunmeido dalam perjalanan ke Dejima), saya memutuskan untuk mampir dan melihat apa yang diributkan itu.

Tampilan di Bunmeido sangat memikat, dan saya pergi dengan kedua persegi kecil kue bolu polos dan persembahan yang lebih besar dari "kastela persik" khusus mereka, kue putih dengan hiasan fondant lengket yang didekorasi menyerupai, apa lagi, buah persik. Anehnya, peach castella, meski enak, porsinya terlalu besar dan terlalu manis. Selera saya belum terlalu dipenuhi dengan gula dalam beberapa waktu dan saya hampir tidak bisa menghabiskan porsinya. Yang jauh lebih baik adalah kue bolu persegi kecil - lembab dan kecoklatan sempurna di atasnya, itulah jenis kuliner yang saya butuhkan untuk melewati tamasya Nagasaki. Bunmeido, saya mungkin tidak mengerti iklan Anda, tapi Anda pasti tahu cara membuat kue.

(Ada gerai Bunmeido di seluruh Jepang, tapi sungguh menyenangkan duduk dengan secangkir teh dan sepotong kue di gedung tempat semuanya dimulai.)


No comments:

Post a Comment