Jasa Profesi Aneh yang Hanya Ada di Jepang

Inilah jasa profesi-profesi “aneh” dan unik yang hanya ada di Jepang! Jepang adalah negara maju yang memiliki salah satu predikat baik dalam hal pekerjaan yaitu rendahnya tingkat pengangguran bagi masyarakatnya dibandingkan negara-negara Asia lainnya. Orang dewasa di Jepang hampir dipastikan memiliki pekerjaan masing-masing untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Bahkan, anak-anak muda disana sudah menanamkan budaya giat bekerja sedari remaja.


Saat masih menginjak bangku SMA hinggu kuliah, rata-rata anak muda di Jepang sudah mulai memiliki pekerjaan paruh waktu (arubaito) untuk sekedar menambah uang jajan mereka. Di sela-sela kesibukannya menimba ilmu pendidikan, anak-anak muda Jepang juga bekerja sebagai penjaga mini market, pelayan restoran, barista, dan lain sebagainya.

Namun, pekerjaan paruh tersebut dirasa terlalu mainstream dan biasa dilakukan juga oleh remaja-remaja di negara lainnya, seperti di Indonesia.

Negara Jepang memang dikenal memiliki beragam hal-hal unik, mulai dari budaya, kuliner, fashion, sampai teknologinya.

Selain itu, di Negeri Sakura juga akan banyak ditemui profesi atau pekerjaan-pekerjaan unik yang tidak bisa kalian temui di negara lain.

Namun, meskipun beberapa pekerjaan tersebut dianggap cukup nyeleneh, tak menghilangkan minat orang Jepang untuk mencoba jasanya dan bekerja menjadi karyawan di perusahaan-perusahaaan yang menawarkan berbagai jasa yang unik tersebut.

Walaupun tugas yang diberikan dalam pekerjaan-pekerjaan unik tersebut cukup dikatakan ‘nyeleneh’, namun gaji yang diberikan pihak perusahaan terhadap orang yang mau bekerja di tempat usahanya itu terbilang cukup besar dan menjanjikan.

Hal tersebut sebanding dengan tanggung jawab yang akan diemban sang calon pegawai pekerjaan tersebut nantinya. Selain itu, beberapa pekerjaan unik di Jepang tersebut juga memiliki berbagai tahap tes yang cukup sulit dan ketat dalam pemilihan pegawainya.

Bahkan, sertifikat khusus juga terkadang diperlukan di beberapa perusahaan yang menawarkan jasa-jasa unik yang hanya ada di Jepang ini. Tertarik mencoba?

10 Layanan Jasa Unik yang Hanya Ada di Jepang


1. Jasa Resign dari Pekerjaan 

Sumber: https://soranews24.com/

Bagi sebagian orang, mengundurkan diri atau resign dari pekerjaannya ditengah kontrak kerja yang belum habis merupakan suatu hal yang dirasa cukup rumit.

Karena itu, di Jepang, sejumlah pegawai mulai menyewa jasa pengunduran diri yang membantu mereka untuk bisa pergi dari pekerjaannya di kantor yang dirasa menyiksa dan melelahkan tanpa perlu pamit secara formal kepada atasan. Ide layanan jasa unik ini berawal dari sepasang suami istri di Jepang, Yuichiro Okazaki dan Toshiyuki Niino yang merasa sangat mahir dalam hal mengundurkan diri dari pekerjaan.

Dalam waktu 18 bulan terakhir saja, mereka mengaku telah mengundurkan diri dari pekerjaan yang mereka pernah jalani hampir 1.500 kali.

Mereka pun akhirnya merintis perusahaan start-up Senshi S dengan layanan jasa bernama Exit yang membantu kliennya yang takut untuk resign dari pekerjaannya. Hal tersebut karena budaya di Jepang yang menganggap jika seseorang berhenti dari pekerjaan adalah suatu hal yang tidak baik dan berpotensi di cap sebagai orang yang jahat.

Dengan membayar uang sebesar 50.000 yen atau sekitar Rp 6,4 juta, klien sudah bisa memesan jasa Exit dan pihak Senshi S akan segera menelpon bos tempat klien bekerja untuk membantu menyampaikan pesan pengunduran diri atas nama klien tersebut.

2. Peminta Maaf Professional 



Sumber: https://jpninfo.com/

Meminta maaf adalah suatu hal yang dirasa cukup sulit untuk diucapkan bagi sebagian orang. Ntah karena alasan malu atau tidak berani saat mengungkapkan permohonan maaf tersebut.

Kini, tidak perlu khawatir, karena di Jepang terdapat sebuah perusahaan yang menyewakan layanan jasa untuk meminta maaf. Shazaiya Aiga Pro Agency merupakan perusahaan yang akan membantu pelanggannya dalam hal meminta maaf.

Nantinya, pihak perusahaan akan mengirimkan peminta maaf yang profesional di bidangnya untuk mengirimkan permintaan maaf resmi atas nama pelanggannya melalui telepon atau email.

Namun, jika kalian hendak menyewanya untuk meminta maaf langsung bertatap muka dengan orang yang dituju, tarifnya akan jauh lebih mahal.

3. Jasa Pengusap Air Mata 


Sumber: https://www.japantrends.com/

Menangis adalah hal yang sangat wajar bagi seseorang yang sedang dilanda kesedihan yang mendalam, terutama bagi wanita. Nah, di Jepang, terdapat sebuah pekerjaan unik yang melibatkan para pria berwajah tampan yang dibayar untuk mengusap air mata klien wanitanya.

Tujuannya yaitu untuk mengatasi emosi kesedihan yang dirasakan klien sambil memberikan beberapa hiburan atau dukungan secara emosional agar sang klien tidak lagi merasa bersedih.

Pria-pria tampan yang bekerja di perusahaan bernama Ikemeso Danshi ini juga diwajibkan untuk terlebih dahulu memiliki sertifikat atau lisensi khusus yang bisa didapatkannya melalui training terapi menangis.

4. Menyewa Sebuah Keluarga


Sumber: https://gogonihon.com/

Rendahnya angka kelahiran di Jepang, menunjukkan bahwa masyarakat di Negeri Sakura tersebut merasakan keengganan untuk menikah dan membangun keluarga.

Selain itu, beberapa tuntutan sosial dan pekerjaan pun memaksa mereka untuk memiliki keluarga, sekalipun melalui jasa sewa keluarga. Industri sewa keluarga pun sudah ada sejak cukup lama di Jepang dan masih eksis hingga kini.

Kalian bisa menyewa mulai dari sosok ibu, ayah, anak, menantu, mertua, bahkan cucu untuk disewakan dan bertindak semirip mungkin dengan tokoh yang diperankan sesuai keinginan pelanggan.

Menurut berbagai sumber, harga yang dipatok untuk menyewa keluarga ini sangat bervariasi, sesuai dengan perannya masing-masing dan yang termahal adalah menyewa peran orang tua. Biaya yang diterapkan terhitung perjam sewa, yang diketahui patokan harga rata-rata perjamnya mulai dari harga 1.000 yen atau setara Rp 129 ribu. Meski dipandang tak lazim, praktik jasa layanan unik ini nyatanya cukup diminati sampai sekarang.

5. Jasa Mengerjakan PR


Sumber: http://fjgessayrqw.web.fc2.com/

Saat tiba liburan musim panas, biasanya sekolah-sekolah di Jepang akan memberikan tugas rumah atau PR pada murid-muridnya. Seringkali, PR tersebut dirasa sangat menganggu waktu berlibur bagi anak-anak di Jepang dan kini memunculkan profesi yang menangani jasa layanan mengerjakan PR.

Cukup dengan menelpon perusahaan penerima jasa layanan unik ini, maka tugas-tugas sekolah akan dengan cepat diselesaikan oleh para profesional.

Tarif yang dikenakan berbeda-beda sesuai dengan banyaknya tugas yang perlu dikerjakan. Mulai dari 500 Yen atau sekitar Rp 66 ribu perhalamannya, 3.000 Yen atau sekitar Rp 393 ribu untuk tugas sebanyak 400 karakter, serta 5.000 Yen atau sekitar Rp 655 ribu untuk tugas riset.

Selain itu, para profesional ini juga mampu meniru tulisan tangan anak-anak yang hendak menyewa jasanya agar tidak ketahuan dan dimarahi oleh gurunya di sekolah.

Jasa layanan mengerjakan PR ini sangat cepat populer di kalangan siswa Jepang, beberapa bahkan didukung juga oleh orang tua yang ingin membantu anaknya meringankan kesulitannya dalam mengerjakan PR.

6. Sewa Tamu Resepsi Pernikahan


Sumber: https://www.pinterest.ch/

Bagi kebanyakan orang, acara pernikahan adalah momen penting yang harus mengundang banyak orang untuk ikut merayakan hari suka cita dalam pesta atau resepsi pernikahan. Namun, pada beberapa kasus, tak jarang resepsi pernikahan hanya dihadiri sedikit saja tamu undangan karena terhalang oleh kesibukan. Permasalahan ini nampaknya menjadi hal yang serius di Jepang, sehingga terciptalah ide untuk mengadakan bisnis layanan jasa penyewaan tamu resepsi pernikahan.

Para profesional yang bekerja di perusahaan penyedia jasa tersebut bertugas untuk memeriahkan resepsi pernikahan dengan berperan sebagai rekan atau kerabat sang mempelai pengantin, bisa menjadi keluarga, saudara, bahkan rekan kerja.

Untuk bisa menyewa jasa layanan unik ini memerlukan biaya yang tidak murah, yakni sekitar 5.000 Yen atau sekitar Rp 650 ribu untuk satu orang yang hendak disewa.

7. Tukang Antre  


Sumber: https://forum.outerspace.com.br/

Walaupun Jepang terkenal dengan budaya mengantrinya yang tertib dan rapih, namun beberapa orang masih merasa bahwa mengantri merupakan suatu hal yang membosankan. Maka, jasa sewa tukang antre atau biasa disebut “Narabiya” adalah suatu hal yang tepat.

Narabiya adalah orang-orang yang bekerja secara freelance atau paruh waktu yang bertugas khusus membantu pelanggannya untuk mengantri. Ya mengantri dalam beberapa hal seperti membeli tiket konser, mengantri di kedai makanan, memesan produk game laris terbaru, hingga membooking tempat untuk melangsungkan kegiatan piknik dibawah pohon sakura saat perayaan Hanami.

8. Penjaga Balon Iklan


Sumber: https://www.tfti.com

Satu lagi pekerjaan yang unik dan cukup nyeleneh di Jepang, yaitu mengamati balon-balon iklan yang terbang mengudara di angkasa. Para pekerja diharuskan untuk terus memastikan agar balon-balon iklan tersebut tetap pada jalurnya dan tidak tersangkut terbawa angin di udara. Gaji yang ditawarkan untuk pekerjaan ini pun tidak main-main, melainkan sebesar 6.500 Yen atau mencapai Rp 900 ribu perharinya.

9. Menyimpan Barang Peninggalan ‘Mantan’


Sumber: https://japanesestation.com

Terrada Warehouse merupakan perusahaan yang melayani jasa penyimpanan barang-barang bekas peninggalan ‘mantan’ kalian dahulu, baik berupa barang, hadiah, foto-foto, hingga surat cinta yang sudah tidak berguna lagi bagi kalian.

Jasa yang disebut Miniku Love ini dirilis oleh Terrada dengan hanya membayar 250 Yen atau sekitar Rp 33 ribu untuk satu kotak penyimpanan berkapasitas 30 barang, serta biaya tambahan sebesar Rp 33 ribu lagi untuk biaya penyimpanan bulanan. Namun, terdapat pengecualian untuk beberapa barang berharga seperti cincin emas, tanaman, atau binatang yang tidak bisa disimpan di Miniku Love.

10. Teman Sewaan



Sumber: https://www.bfftokyo.com/

Salah satu perusahaan asal Jepang bernama Family Romance menawarkan jasa penyewaan teman bertajuk Real Appeal bagi para pelanggannya. Teman yang akan disewa nantinya dapat dipilih sesuai jenis kelamin, usia, hingga penampilannya. Perusahaan ini menyewakan jasa teman sewaan, baik untuk acara formal seperti menemani undangan pesta, maupun non formal seperti teman berlibur.

Jasa unik ini setidaknya mematok biaya sekitar 6.900 Yen atau mencapai Rp 950 ribuan untuk satu orang teman yang akan disewa per dua jamnya. Selain itu, pelanggan juga diwajibkan untuk menanggung segala biaya transportasi dan makan sang ‘teman’ sewaan selama menggunakan jasa tersebut.

Nah, itu dia beberapa informasi mengenai profesi-profesi unik di Jepang. Bagi kalian yang sangat tertarik untuk tinggal maupun sekedar mengunjungi Negeri Sakura, tidak cukup hanya dengan perbekalan fisik dan informasi umum terkait Jepang saja. Namun, juga perlu menguasai skill berbahasa Jepang yang baik dan lancar. Rutin berlatih adalah salah satu cara untuk dapat terus mengasah kemampuan Bahasa Jepang yang telah kita kuasai dan dipraktekkan langsung dalam obrolan berbahasa Jepang.

Atas dasar itulah, Tensai Nihongo Bunka Gakuin hadir sebagai LKP Bahasa Jepang terdepan dan terpercaya nomor 1 di Karawang, bahkan Jawa Barat. Kami siap membantu Anda mewujudkan impian agar bisa fasih mengucapkan kalimat-kalimat dalam Bahasa Jepang. Segera hubungi nomor kontak pelanggan Kami di 0813-1704-3583 untuk informasi lebih lanjut.

Referensi

Artikel di atas dibuat dengan bersumberkan:

No comments:

Post a Comment