Sulitkah belajar bahasa Jepang?

Bahasa Jepang merupakan salah satu bahasa terpopuler di dunia, saya yakin bahwa setiap orang pernah mendengar bahasa Jepang. Entah mendengar langsung percakapan orang Jepang maupun lewat televisi dan film. Bahkan kalau kita melihat banyaknya anime dan dorama berbahasa Jepang maka tidak bisa dipungkiri lagi bahwa bahasa Jepang merupakan bahasa yang populer di kalangan remaja maupun anak-anak.

Sulitkah berbahasa Jepang? dengan sangat menyesal saya jawab sulit, tapi kamu ga usah khawatir saya menjawab sulit karena belajar bahasa Jepang lebih sulit ketimbang belajar bahasa Inggris. Kita harus belajar huruf hiragana, belajar huruf katakana, belajar huruf kanji, partikel, kosakata... dan lain-lain. Tetapi dibalik kesulitan itu belajar bahasa Jepang sangatlah menyenangkan ketimbang belajar bahasa Inggris (terutama bila kamu suka anime, manga maupun segala sesuatu mengenai Jepang).

Sulitkan belajar bahasa Jepang?


Untuk belajar bahasa Jepang, hal dasar yang mesti kita kuasai adalah belajar kosakata dasar, belajar hiragana dan katakana. Mungkin apa yang ada di situs ini saya akan coba membuat pembelajaran seperti apa yang saya pernah terima dulu selama menjadi Peserta Magang di Jepang. Yaitu pada bulan pertama kita harus menguasai :
  • Kosakata Dasar
  • Huruf Hiragana
  • Huruf Katakana
Lalu pada bulan berikutnya belajar bahasa Jepang lebih lanjut yaitu:
  • Kosakata
  • Pembentukan Kalimat
  • Kanji Dasar
Untuk memahami bahasa Jepang lebih mendalam kita harus sering-sering menghafal, banyak tehnik-tehnik menghafal seperti selalu membawa memochou (buku memo) dan lain sebagainya.  Ataupun jika ingin memahami percakapan tentunya kamu harus bisa bercakap-cakap dengan orang Jepang atau mendengarkan anime dan dorama mungkin juga bisa menambah pembendaharaan kata. Untuk kanji kamu bisa sering menonton tv siaran Jepang maupun membaca manga Jepang.

Yup walaupun sulit saya yakin dengan belajar yang menyenangkan Bahasa Jepang bisa menjadi mudah.