Skip to main content

Mudah Belajar Ciri Khas Bahasa Jepang

Apa sajakah sih, ciri khas bahasa Jepang yang memudahkan kita mempelajarinya?Bahasa Jepang memiliki ciri khas atau karakteristik seperti halnya bahasa asing lain. Memahami ciri khas bahasa asing membuat lebih mudah kegiatan pembelajaran. Berikut ciri khas Bahasa Jepang yang perlu diketahui:

1. Intonasi

Perbedaan intonasi seperti tinggi rendahnya atau naik turunnya kata akan mengubah arti. Adapun intonasi kata-kata pada bahasa Jepang cukup mirip dengan bahasa Indonesia yang membuatnya mudah untuk dipelajari. Sebagai contoh kata suki yang artinya suka memiliki pengucapan su-ki yang sama seperti pengucapan kata suki dalam bahasa Indonesia.

Mudah Belajar Ciri Khas Bahasa Jepang

2. Lafal Vokal

Seperti bahasa Indonesia, bahasa Jepang juga memiliki 5 huruf vokal seperti a, i, u, e, dan o. Pelafalan huruf vokal bahasa Jepang mirip seperti bahasa Melayu. Untuk lebih jelasnya pelafalan huruf vokal a seperti bunyi a dalam kata bapa, i dalam kata ibu, u dalam urut, e dalam kata esok, dan o dalam kata obor.

3. Huruf

Tulisan bahasa Jepang berasal dari bahasa Cina, khususnya kanji. Dalam bahasa Jepang dikenal ada 3 karakter huruf atau simbol. Ketiga huruf yang dimaksud diantaranya Katakana, Hiragana, dan Kanji.

Katakana dan Hiragana keduanya berunsur dari tulisan kanji. Katakana dan Hiragana selanjutnya sering disebut kana yang terpengaruhi fonetik bahasa Sansekerta.

Huruf Katakana biasanya digunakan untuk kata serapan seperti kata yang diserap dari bahasa asing. Huruf Hiragana digunakan untuk kata-kata dari bahasa Jepang yang tidak ditulis dalam kanji. Katakana dan Hiragana sebenarnya tidak memiliki arti apapun. Jadi seperti abjad dalam bahasa Indonesia yang hanya digunakan sebagai lambang suatu bunyi tertentu.

Adapun huruf kanji merupakan simbol yang mewakili arti tertentu. Kanji digunakan untuk menyatakan arti dasar kata baik kata benda, kata kerja, kata sifat, maupun kata sandang. Menurut peraturan tata bahasa Jepang, sesudah Kanji bisa ditulis Hiragana untuk mengubah arti dasar dari suatu kata.

Dari jumlah karakter kana memiliki set huruf cukup sedikit dibanding Kanji. Katakana dan Hiragana memiliki jumlah karakter yang sama yakni 48 huruf. Sedangkan kanji memiliki karakter yang jumlahnya ribuan. Kanji bisa dibaca dalam 2 bacaan, yaitu Oyomi dan Kunyomi. Oyomi merupakan cara baca yang diadaptasi dari cara baca China. Sedangkan Kunyomi merupakan cara baca asli dari Jepang. Satu huruf kanji bisa mempunyai beberapa Onyomi dan Kunyomi sehingga harus tekun dipelajari untuk menguasainya.

4. Tata Bahasa

Susunan kalimat dalam bahasa Jepang tidak seperti dalam bahasa Indonesia. Bila dalam bahasa Indonesia dikenal susunan SPO (Subyek, Predikat, dan Objek), maka dalam bahasa Jepang pola kalimat yang digunakan adalah SOP. Dimana predikat diletakkan di akhir kalimat. Contohnya watashi wa gohan wo tabemasu yang artinya saya makan nasi. Kata watashi berarti saya, gohan berarti nasi, dan tabemasu berarti makan. Bila diartikan dari urutan katanya berarti “saya nasi makan”.
Bagi pemula yang baru mulai belajar bahasa Jepang mungkin akan mendapati kebingungan. Akan tetapi, bila belajar dan berlatih dengan rutin bahasa Jepang bisa dikuasai dengan mudah.

5. Tanda Baca

Tidak ada spasi sebagai pemisah antara kata atau kalimat dalam bahasa Jepang. Tanda tanya dan tanda seru pun bukan termasuk tanda baca baku, tetapi masih sering dijumpai dalam penggunaan di akhir kalimat.

Tanda baca yang dikenal dalam bahasa Jepang ada kuten dan toten. Kuten berfungsi untuk mengakhiri suatu kalimat sama seperti tanda baca titik. Sedangkan toten berfungsi memisahkan bagian-bagian penting dalam kalimat supaya lebih mudah dibaca seperti halnya tanda koma.

Comments

Popular posts from this blog

Belajar Bahasa Jepang Lewat Anime

Bagaimana Belajar Bahasa Jepang Lewat Anime? Naruto, Doraemon, Detektif conan, Dragon ball, shin-chan dan masih banyak lagi adalah contoh dari kartun buatan Jepang. film-film kartun atau anime Jepang mempunyai banyak penggemarnya sendiri, untuk orang Indonesia menonton film anime menjadi hal yang menyenangkan.

Apa saja alasan orang suka menonton film anime? Pertama, anime mengajarkan untuk selalu optimis terutama film anime romantik kebanyakan pria jelek bisa mendapat wanita cantik dengan usaha.



Anime punya hubungan yang sangat erat dengan kebudayaan Jepang sangat cocok ditonton oleh orang yang sedang dalam proses kursus bahasa Jepang atau sekedar ingin tahu kebudayaan Jepang.

Alur cerita yang disajikan anime selalu punya plot yang dapat membuat orang ke tawa.

Karakter yang ditampilkan mampu membuat imajinasi penonton main di satu sisi mereka juga semakin penasaran dengan karakter setiap tokohnya.

Anime bukan hanya tontonan untuk anak-anak sekarang telah banyak anime yang dibuat unt…

9 Trik Bikin Hati Wanita Jepang Mudah Meleleh

Saat kita melihat wanita Jepang, tentu terlintas bayangan sosok wanita yang cantik, putih dan imut. Dimana sebagian besar para wanita Jepang mempunyai imej sebagai pekerja keras, bisa diandalkan dan tangguh. Bagi kalian yang memiliki rencana untuk kenal lebih dekat dan bahkan berniat mencari pacar wanita Jepang. Untuk itu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan demi merebut hati perempuan Jepang, berikut ini :
1. Manfaatkan Waktu Terbaiknya Memang bukan rahasia lagi bila masyarakat Jepang begitu menjaga waktu. Untuk itu, Anda harus memberi waktu terlebih lagi dengan cara romantis, pastinya Anda akan mendapatkan hatinya. Jangan pernah mengajaknya makan ketika suasana sedang tidak baik. Karena saking sibuknya wanita Jepang, ketika mereka memperoleh jam makan, maka mereka pun menganggap waktu tersebut adalah waktu terbaiknya. Dimana pemikiran tersebut telah tertanam rapi lewat pemikiran orang-oang Jepang.



Untuk itu, ketika kalian makan bersama pada saat suasana yang tidak nyaman, kemung…

Belajar dari Nol Banget

Bagaimana Belajar dari Nol Banget? Kursus Bahasa Jepang Dari Nol di Tensai Internasional Karawang.

Apakah Anda pernah mempertimbangkan untuk kursus bahasa Jepang? Atau mungkin sedang memutuskan untuk mempelajari bahasa tersebut lebih dalam? Jika dilihat lebih jauh, tata bahasa Jepang memang terlihat cukup mirip dengan tata bahasa Korea. Bahkan kedua bahasa ini juga memiliki sistem honorifics yang menunjukkan rasa hormat. Dengan sistem penulisan kanji Cina, mempelajari bahasa Jepang akan membawa Anda selangkah lebih maju dalam memahami dua bahasa sekaligus, yakni bahasa Cina dan Korea.



Banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh dengan mempelajari bahasa Jepang. Seperti yang diketahui, negara Jepang merupakan negara peringkat 2 terbesar dengan perekonomian terbaik di dunia. Dengan menguasai bahasa Jepang, kesempatan Anda untuk masuk dan bekerja sama dengan perusahaan Jepang lebih terbuka luas. Belum lagi dengan fakta negara Jepang sebagai inovator terbaik, ekspor budaya paling meledak d…