Tuesday, January 17, 2017

Cara Mudah Belajar Huruf Kanji Jepang

Posted By: Author - 8:31 PM

Share

& Comment

Bagaimana cara mudah belajar huruf Kanji Jepang? Bila Anda merupakan pemula untuk belajar bahasa Jepang, tentunya Anda terkadang merasa kebingungan mengenai bagaimana sih penggunaan kanji dan penulisannya dalam bahasa Jepang. Oke, tak perlu kahawatir sebab nanti akan kami bahas. Sebelumnya, Anda harus paham terlebih dahulu, apa sih kanji?

Cara Mudah Belajar Huruf Kanji Jepang


Kanji merupakan huruf gambar dan logografik yang terinspirasi dan diadopsi dari negeri tirai bambu, China. Nah, di bahasa Jepang itu sendiri, huruf kanji biasanya diterapkan dalam penggunaan huruf katakana dan hiragana. Mengenai sejarah kanji, tulisan atau pun huruf China datang ke negeri Sakura, Jepang yang mana melalui media pedang, cermin, koin, meterai, dan benda benda dekoratif lainnya.

Suatu benda yang ditemukan adalah meterai pada tahun 1784 di Pulau Shinakoshima. Kembali lagi mengenai huruf kanji bahwa huruf kanji tersebut mempunyai suatu sistem kanji yang telah ditetapkan sebagai standard yang terdiri dari berbagai macam jenis seperti yang dijelaskan di bawah ini.

Kyouiku Kanji

Kyouiku Kanji merupakan huruf kanji yang biasanya dipelajari pada sistem sekolah dasar. Huruf kanji ini terdiri kurang lebih 1006 kanji. Nah, kyouiku kanji biasanya sudah khusus untuk dipelajari dalam area pendidikan serta sebelum melangkah ke jenis Jouyou Kanji.

Jouyou Kanji

Bila Kyouiku Kanji kerap dipelajari di bidang pendidikan. Jenis kanji jouyou kanj ini merupakan suatu kanji standar yang sudah umun untuk digunakan di negeri sakura ini. Nah, untuk jumlah huruf kanji pada jouyou kanji adalah 2136 kanji. Jumlah tersebut dua kali lipatnya lebih dari kyouiku kanji.

Hyougai Kanji

Jenis huruf kanji berikutnya adalah hyougai kanji. Memang hyougai kanji ialah kanji yang tak ada di dalam suatu daftar jouyou kanji dan jinmeiyou kanji. Nah, mengapa demikian? Karena kebanyakna yang ada mengenai hyougai kanji biasanya kerap ditulis dengan menggunakan suatu huruf tradisional namun dengan suatu bentuk yakni bentuk shinjitia ada.

Jinmeiyo Kanji

Jinmeiyo kanji merupakan jenis huruf kanji yang sering digunakan dalam nama orang. Adanya sistem dari huruf kanji baru mulai di tanggal 27 September di tahun 2004. Jinmeiyo kanji ini sendiri terdiri dari 3119 huruf, dengan adanya jouyou kanji secara kebanyakan dan 983 karakter tambahan yang didapat dari adanya nama orang. Namun, pada tahun 1952, jinmeiyo kanji ini hanya memiliki 92 karakter. Seiring berjalannya waktu, terkadang masih ada yang dinamakan penambahan yang pada nantinya terdapat 3119 karakter.

Jumlah huruf Kanji

Mengenai jumlah huruf kanji ini sendiri, sebenarnya tidak ada yang dinamakan jumlah atau pun total huruf kanji secara jelas berapa jumlahnya. Tetapi, pada kamus Dai Kan Wa Jiten yang memang sudah terpercaya sebagai suatu kamus yang mumpuni dan utama di Jepang, huruf kanji kurang lebih berjumlah 50000 huruf. Namun pada realisasinya, hanya kurang lebih 2000 hingga 3000 huruf kanji yang umum dan kerap digunakan dalam komunikasi di masyarakat Jepang.

Aturan dalam Menulis Huruf Kanji

Untuk menulis huruf kanji ada beberapa cara atau pun aturan yang harus Anda ikuti. Langkah pertama adalah dengan membuat huruf kanji dengan suatu ukuran yang sama. Anda bisa menulis pada buku tulis kotak besar. Pilihlah kotak yang besar atau pun sedang, jangan memilih kotak yang kecil, karena bisa mempersulit Anda. Untuk aturan berikutnya adalah, buatlah adanya goresan yang pas dan sesuai dengan arah yang tepat serta benar.

Harus digarisbawahi bahwa jangan asal untuk membuat suatu goresan. Dalam membuat goresan, terdapat berbagai macam jenis seperti yokosen yaitu menuis dari arah kiri ke kanan, tatesen yakni menulis dengan arah dari atas ke bawah. Selanjutnya, gambarlah dengan garis mendatar berurutan dari atas ke bawah yang kemudian dengan membuat garis vertikal dari arah kiri ke kanan. Nah, untuk membuat kotaknya, gambarlah suatu garis yang nantinya dapat menembus garis terakhir, ingat bahwa kotak tersebut haruslah digambar dahulu.

Pembahasan-pembahasan yang telah dijelasakan di atas mengenai belajar huruf kanji dengan mudah, berbagai jenis kanji, serta sedikit sejarah mengenai kanji semoga bisa menjadikan tambahan ilmu dan pengetahuan Anda dalam mempelajari bahasa Jepang.

Atau pun bila Anda tertarik untuk mengikuti kelas atau pun kursus bahasa Jepang, adalah suatu strategi yang tepat bagi Anda. Salah satu tempat kursus yang sangat direkomendasikan banyak orang dalam belajar bahasa Jepang adalah Sekolah bahasa Tensai International.

Di sana, Anda bisa mengambil kelas yang sesuai dengan waktu yang Anda bisa. Tidak hanya itu, lembaga tersebut juga merupakan suatu lembaga kursus yang sudah terpercaya dan terjamin untuk menghasilkan lulusan yang tentunya mumpuni dalam bahasa Jepang, didukung dengan para mentor yang sudah handal. Jadi, tunggu apa lagi, solusi jitu dengan belajar bahasa Jepang di Sekolah bahasa Tensai International.

About Author

Website Kursus Bahasa Jepang ini dikelola oleh CV Tensai International, sebuah lembaga pendidikan bahasa dan budaya Jepang di Karawang.

  • JAPANESE/ENGLISH/INDONESIAN LANGUAGE TRAINING
  • INTERPRETATION & TRANSLATION CENTER
Head Office: Ruko Emporium Galuh Mas Blok C-5/B20 Karawang. Branch Office 1: Ruko samping SMA 4 Karawang. Branch Office 2: Jl. Singaperbangsa Karawang. Telephone: 0896-1157-4857 - 0267-863-7522. Website: https://tensai-indonesia.com e-mail: tensai_int@yahoo.com - tensaiichi2000@gmail .com

0 comments:

Post a Comment

Copyright © Kursus Bahasa Jepang™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.