Skip to main content

Cara Mudah Belajar Huruf Kanji Jepang

Bagaimana cara mudah belajar huruf Kanji Jepang? Bila Anda merupakan pemula untuk belajar bahasa Jepang, tentunya Anda terkadang merasa kebingungan mengenai bagaimana sih penggunaan kanji dan penulisannya dalam bahasa Jepang. Oke, tak perlu kahawatir sebab nanti akan kami bahas. Sebelumnya, Anda harus paham terlebih dahulu, apa sih kanji.

Cara Mudah Belajar Huruf Kanji Jepang


Kanji merupakan huruf gambar dan logografik yang terinspirasi dan diadopsi dari negeri tirai bambu, China. Nah, di bahasa Jepang itu sendiri, huruf kanji biasanya diterapkan dalam penggunaan huruf katakana dan hiragana. Mengenai sejarah kanji, tulisan atau pun huruf China datang ke negeri Sakura, Jepang yang mana melalui media pedang, cermin, koin, meterai, dan benda benda dekoratif lainnya.

Suatu benda yang ditemukan adalah meterai pada tahun 1784 di Pulau Shinakoshima. Kembali lagi mengenai huruf kanji bahwa huruf kanji tersebut mempunyai suatu sistem kanji yang telah ditetapkan sebagai standard yang terdiri dari berbagai macam jenis seperti yang dijelaskan di bawah ini.

Kyouiku Kanji

Kyouiku Kanji merupakan huruf kanji yang biasanya dipelajari pada sistem sekolah dasar. Huruf kanji ini terdiri kurang lebih 1006 kanji. Nah, kyouiku kanji biasanya sudah khusus untuk dipelajari dalam area pendidikan serta sebelum melangkah ke jenis Jouyou Kanji.

Jouyou Kanji

Bila Kyouiku Kanji kerap dipelajari di bidang pendidikan. Jenis kanji jouyou kanj ini merupakan suatu kanji standar yang sudah umun untuk digunakan di negeri sakura ini. Nah, untuk jumlah huruf kanji pada jouyou kanji adalah 2136 kanji. Jumlah tersebut dua kali lipatnya lebih dari kyouiku kanji.

Hyougai Kanji

Jenis huruf kanji berikutnya adalah hyougai kanji. Memang hyougai kanji ialah kanji yang tak ada di dalam suatu daftar jouyou kanji dan jinmeiyou kanji. Nah, mengapa demikian? Karena kebanyakna yang ada mengenai hyougai kanji biasanya kerap ditulis dengan menggunakan suatu huruf tradisional namun dengan suatu bentuk yakni bentuk shinjitia ada.

Jinmeiyo Kanji

Jinmeiyo kanji merupakan jenis huruf kanji yang sering digunakan dalam nama orang. Adanya sistem dari huruf kanji baru mulai di tanggal 27 September di tahun 2004. Jinmeiyo kanji ini sendiri terdiri dari 3119 huruf, dengan adanya jouyou kanji secara kebanyakan dan 983 karakter tambahan yang didapat dari adanya nama orang. Namun, pada tahun 1952, jinmeiyo kanji ini hanya memiliki 92 karakter. Seiring berjalannya waktu, terkadang masih ada yang dinamakan penambahan yang pada nantinya terdapat 3119 karakter.

Jumlah huruf Kanji

Mengenai jumlah huruf kanji ini sendiri, sebenarnya tidak ada yang dinamakan jumlah atau pun total huruf kanji secara jelas berapa jumlahnya. Tetapi, pada kamus Dai Kan Wa Jiten yang memang sudah terpercaya sebagai suatu kamus yang mumpuni dan utama di Jepang, huruf kanji kurang lebih berjumlah 50000 huruf. Namun pada realisasinya, hanya kurang lebih 2000 hingga 3000 huruf kanji yang umum dan kerap digunakan dalam komunikasi di masyarakat Jepang.

Aturan dalam Menulis Huruf Kanji

Untuk menulis huruf kanji ada beberapa cara atau pun aturan yang harus Anda ikuti. Langkah pertama adalah dengan membuat huruf kanji dengan suatu ukuran yang sama. Anda bisa menulis pada buku tulis kotak besar. Pilihlah kotak yang besar atau pun sedang, jangan memilih kotak yang kecil, karena bisa mempersulit Anda. Untuk aturan berikutnya adalah, buatlah adanya goresan yang pas dan sesuai dengan arah yang tepat serta benar.

Harus digarisbawahi bahwa jangan asal untuk membuat suatu goresan. Dalam membuat goresan, terdapat berbagai macam jenis seperti yokosen yaitu menuis dari arah kiri ke kanan, tatesen yakni menulis dengan arah dari atas ke bawah. Selanjutnya, gambarlah dengan garis mendatar berurutan dari atas ke bawah yang kemudian dengan membuat garis vertikal dari arah kiri ke kanan. Nah, untuk membuat kotaknya, gambarlah suatu garis yang nantinya dapat menembus garis terakhir, ingat bahwa kotak tersebut haruslah digambar dahulu.

Pembahasan-pembahasan yang telah dijelasakan di atas mengenai belajar huruf kanji dengan mudah, berbagai jenis kanji, serta sedikit sejarah mengenai kanji semoga bisa menjadikan tambahan ilmu dan pengetahuan Anda dalam mempelajari bahasa Jepang.

Atau pun bila Anda tertarik untuk mengikuti kelas atau pun kursus bahasa Jepang, adalah suatu strategi yang tepat bagi Anda. Salah satu tempat kursus yang sangat direkomendasikan banyak orang dalam belajar bahasa Jepang adalah Sekolah bahasa Tensai International.

Di sana, Anda bisa mengambil kelas yang sesuai dengan waktu yang Anda bisa. Tidak hanya itu, lembaga tersebut juga merupakan suatu lembaga kursus yang sudah terpercaya dan terjamin untuk menghasilkan lulusan yang tentunya mumpuni dalam bahasa Jepang, didukung dengan para mentor yang sudah handal. Jadi, tunggu apa lagi, solusi jitu dengan belajar bahasa Jepang di Sekolah bahasa Tensai International.

Popular posts from this blog

Belajar Bahasa Jepang Lewat Anime

Bagaimana Belajar Bahasa Jepang Lewat Anime? Naruto, Doraemon, Detektif conan, Dragon ball, shin-chan dan masih banyak lagi adalah contoh dari kartun buatan Jepang. film-film kartun atau anime Jepang mempunyai banyak penggemarnya sendiri, untuk orang Indonesia menonton film anime menjadi hal yang menyenangkan.

Apa saja alasan orang suka menonton film anime? Pertama, anime mengajarkan untuk selalu optimis terutama film anime romantik kebanyakan pria jelek bisa mendapat wanita cantik dengan usaha.



Anime punya hubungan yang sangat erat dengan kebudayaan Jepang sangat cocok ditonton oleh orang yang sedang dalam proses kursus bahasa Jepang atau sekedar ingin tahu kebudayaan Jepang.

Alur cerita yang disajikan anime selalu punya plot yang dapat membuat orang ke tawa.

Karakter yang ditampilkan mampu membuat imajinasi penonton main di satu sisi mereka juga semakin penasaran dengan karakter setiap tokohnya.

Anime bukan hanya tontonan untuk anak-anak sekarang telah banyak anime yang dibuat unt…

9 Trik Bikin Hati Wanita Jepang Mudah Meleleh

Saat kita melihat wanita Jepang, tentu terlintas bayangan sosok wanita yang cantik, putih dan imut. Dimana sebagian besar para wanita Jepang mempunyai imej sebagai pekerja keras, bisa diandalkan dan tangguh. Bagi kalian yang memiliki rencana untuk kenal lebih dekat dan bahkan berniat mencari pacar wanita Jepang. Untuk itu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan demi merebut hati perempuan Jepang, berikut ini :
1. Manfaatkan Waktu Terbaiknya Memang bukan rahasia lagi bila masyarakat Jepang begitu menjaga waktu. Untuk itu, Anda harus memberi waktu terlebih lagi dengan cara romantis, pastinya Anda akan mendapatkan hatinya. Jangan pernah mengajaknya makan ketika suasana sedang tidak baik. Karena saking sibuknya wanita Jepang, ketika mereka memperoleh jam makan, maka mereka pun menganggap waktu tersebut adalah waktu terbaiknya. Dimana pemikiran tersebut telah tertanam rapi lewat pemikiran orang-oang Jepang.



Untuk itu, ketika kalian makan bersama pada saat suasana yang tidak nyaman, kemung…

3 Situs Terbaik Belajar Bahasa Jepang

Inilah 3 Situs Terbaik Belajar Bahasa Jepang. Saat ini bahasa asing sepertinya sudah menjadi hal yang sangat penting dalam kehidupan sehari – hari. Tak heran semua orang memiliki keinginan untuk dapat menguasai bahasa asing.

Menguasai bahasa asing memang memberikan banyak keuntungan. Selain membuat kita tampak lebih cerdas dan berwawasan, kita juga akan tampak lebih keren. Hehe. Keuntungan yang lebih utama, dengan menguasai bahasa asing, kita akan memiliki peluang kerja yang lebih luas.

Kalian sadar kan kalau sekarang ini, dengan kemajuan jaman dan teknologi, semua hal menjadi lebih global? Termasuk juga dalam bekerja atau dalam menjalankan bisnis. Itulah kenapa kita harus menguasai bahasa asing. Agar kita memiliki kemampuan yang membuat kita dapat bersaing.

Dalam dunia bisnis tentu saja bahasa yang kerap digunakan adalah bahasa Inggris. Namun demikian ada beberapa bahasa lain yang juga patut dikuasai karena seringkali digunakan dalam dunia usaha. Yaitu bahasa jepang.

Saat ini bahasa…