Skip to main content

5 Kiat Praktis Belajar Bahasa Jepang

Inilah 5 Kiat Praktis Belajar Bahasa Jepang. Bila Anda tertarik untuk belajar bahasa Jepang, Anda harus bisa dengan seksama dan efektif dalam mempelajari bahasa Jepang. Memang, belajar belajar Jepang bukanlah hal yang mudah, oleh karena itu dibutuhkan kesungguhan untuk mempelajarinya.

Salah satu hal yang menjadikan permasalahan dalam belajar bahasa Jepang adalah dalam mengingat atau pun menghafalkan kosa kata, huruf kanji, dan lain sebagainya.




Sehubungan dengan penjelasan tersebut, tentunya Anda ingin tahu, apa sajakah kiat-kiat yang pas dan efektif dalam mempelajari bahasa Jepang bagi Anda. Tak perlu berlama-lama lagi, mari bacalah pembahasannya di bawah ini ya.

1. Berlatihlah Secara Rutin dengan Membuat Kalimat

Kiat yang pertama adalah dengan berlatihlah secara rutin dengan membuat kalimat. Bila Anda berpedoman pada buku Minna no Nihongo, Anda pasti temukan beragam pola kalimat yang digunakan dalam bahasa Jepang. Dari buku itulah, Anda bisa belajar bagaimana membuat kalimat secara tepat dan efektif berdasarkan dengan konteks serta situasinya.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa belajar bagaimana mengembangkan kalimat yang sudah Anda buat dengan suatu pola yang sama. Maka dari itu, berlatihlah secara rutin agar nantinya Anda bisa semakin mahir dalam membuat kalimat dengan menggunakan bahasa Jepang. Mulailah dengan kalimat yang mudah atau bisa juga dengan kalimat yang kita buat dari memperhatikan lingkungan sekitar kita. Misal Kyou wa ame desu (Hari ini hujan). Doko e mo ikemasen (Tidak bisa pergi kemana pun). Atau tentang waktu: Ima hachi ji desu (sekarang jam 8), dan lain-lain.

2. Belajar Bahasa Jepang dengan Berlatih Berbicara

Tips berikutnya ialah dengan berlatih berbicara. Ya, Anda sudah bisa membuat kalimat dan memahami pola serta konteks kalimat, maka setelah itu latihlah untuk mengucapkan kalimat tersebut dengan percakapan. Ajaklah teman atau pun saudara untuk membantumu dalam belajar bahasa Jepang khususnya dalam pelafalan kalimat yang tepat.

Jangan malu untuk berlatih berbicara menggunakan bahasa Jepang, karena hal tersebut sangatlah membantu Anda dalam menguasai kalimat dan percakapan. Bisa juga dengan merekam di Hand Phone sambil membaca kalimat yang kita inginkan, dan kita bisa mendengarkannya berulang-ulang, kapan pun.

3. Hafalkanlah Kosakata Hingga Hafal

Untuk meningkatkan kosa kata dalam bahasa Jepang, Anda bisa menghafalkan kosa katanya hingga Anda benar-benar hafal. Nah, bagaimana sih caranya? Anda dapat menghafalkan 40 kosa kata setiap minggunya dengan cara menulisnya berulang-ulang hingga benar-benar yakin sudah menguasainya. Stttttt, ini adalah rahasia sukses orang Jepang yang setiap hari menuliskan kosakata dengan huruf kanji dalam jumlah tertentu, secara rutin hingga benar-benar hapal yang merupakan kebiasaan mereka sejak kecil yang biasanya menjadi kebiasaan sampai dewasa ketika mempelajari bahasa-bahasa asing lainnya.

Serta latihlah bagaimana cara pengucapan kosa kata tersebut. Bila Anda sudah hafal, buatlah menjadi pola kalimat. Bila Anda mempelajari hal tersebut secara sungguh-sungguh dan rutin, nanti kian harinya Anda akan semakin terlatih dan hafal dan mempelajari bahasa Jepang tersebut. Ingat, bahasa apa pun, tidak terkecuali bahasa Jepang dan bahasa Indonesia juga bahasa-bahasa lain di dunia, kekuatannya ada pada penguasaan kosa kata.

4. Dengarkanlah Percapakan dari Native Speaker

Anda bisa mendengarkan percakapan dari native speaker. Bagaimana cara mempelajarinya? Anda bisa menggunakan buku bahasa Jepang Minna no Nihongo atau materi lain yang banyak bisa di download di internet. Anda bisa belajar bagaimana pelafalan kosakata bahasa Jepang dengan tepat dan Anda bisa menirukannya. Ingatlah bahwa Anda harus secara teratur dalam mempelajari percakapan tersebut, dan jangan malas untuk mencoba berlatih berbicara menggunakan bahasa Jepang. Salah satu cara yang cepat, adalah meniru. Ya meniru ! Dengarkan lalu ulangi dengan intonasi seolah-olah Anda orang Jepang.

5. Pelajari dan Ulangi Lagi Pelajaran yang Telah Anda Dapat

Dengan Anda belajar baik dari kosa kata, tulisan, atau pun percakapan bahasa Jepang, pelajari dan ulangilah kembali pelajaran tersebut sampai Anda benar-benar memahami hal tersebut. Bila Anda ternyata kesulitan dalam mempelajarinya, Anda bisa tanyakan kepada mentor Anda yang sudah handal dalam bidang pengajaran bahasa Jepang di lembaga Pendidikan Bahasa Jepang Profesional Tensai International.

Dari adanya kiat-kiat yang telah dijelaskan di atas mengenai cara untuk mempelajari bahasa Jepang seperti dengan berlatih secara rutin membuat kalimat, belajar bahasa Jepang dengan berlatih berbicara, hafalkanlah kosa kata hingga hafal, dengarkanlah percakapan dari native speaker, serta pelajari dan ulangi kembali pelajaran yang telah didapat merupakan metode-metode belajar yang bisa Anda gunakan secara efektif dan oke. Selain itu, bila Anda tertarik dan ingin untuk mengikuti kelas-kelas kursus bahasa Jepang secara lebih detail dan spesifik, Anda bisa mengikuti kelas yang disediakan oleh lembaga kursus dan pendidkan bahasa.

Sehubungan dengan hal tersebut, mungkin terkadang Anda merasa bingung mengenai lembaga kursus yang pas untuk Anda dalam belajar bahasa Jepang. Kini, Anda tidak perlu ragu dan khawatir lagi sebab Sekolah bahasa Tensai International adalah solusi bagi Anda yang mencari tempat kursus bahasa Jepang, karena Tensai terjamin dan terpercaya. Di sana, banyak tentor yang pastinya sudah mumpuni dan handal dalam bidang pengajaran bahasa Jepang.

Anda pun akan semakin terlatih dalam melafalkan kosakata bahasa Jepang, dan tentunya mahir dalam menulis pola kalimat. Tak hanya itu, banyak lulusan dari Sekolah bahasa Tensai Intenational juga semakin mahir dalam berbahasa Jepang.

Memang, tidak ada yang instan dalam belajar dan memahami bahasa Jepang. Dibutuhkanlah suatu sikap dan kesungguhan yang rutin atau pun teratur dalam mempelajari hal tersebut. Selain itu, tidak semua orang bisa belajar secara otodidak, maka dari itu adanya lembaga kursus bahasa Jepang sangatlah membantu dalam meningkatkan pemahaman Anda dalam belajar bahasa dari negeri sakura ini. Mari jangan ragu dengan menentukan pilihan pada Sekolah bahasa Tensai International.

Popular posts from this blog

Belajar Bahasa Jepang Lewat Anime

Bagaimana Belajar Bahasa Jepang Lewat Anime? Naruto, Doraemon, Detektif conan, Dragon ball, shin-chan dan masih banyak lagi adalah contoh dari kartun buatan Jepang. film-film kartun atau anime Jepang mempunyai banyak penggemarnya sendiri, untuk orang Indonesia menonton film anime menjadi hal yang menyenangkan.

Apa saja alasan orang suka menonton film anime? Pertama, anime mengajarkan untuk selalu optimis terutama film anime romantik kebanyakan pria jelek bisa mendapat wanita cantik dengan usaha.



Anime punya hubungan yang sangat erat dengan kebudayaan Jepang sangat cocok ditonton oleh orang yang sedang dalam proses kursus bahasa Jepang atau sekedar ingin tahu kebudayaan Jepang.

Alur cerita yang disajikan anime selalu punya plot yang dapat membuat orang ke tawa.

Karakter yang ditampilkan mampu membuat imajinasi penonton main di satu sisi mereka juga semakin penasaran dengan karakter setiap tokohnya.

Anime bukan hanya tontonan untuk anak-anak sekarang telah banyak anime yang dibuat unt…

3 Situs Terbaik Belajar Bahasa Jepang

Inilah 3 Situs Terbaik Belajar Bahasa Jepang. Saat ini bahasa asing sepertinya sudah menjadi hal yang sangat penting dalam kehidupan sehari – hari. Tak heran semua orang memiliki keinginan untuk dapat menguasai bahasa asing.

Menguasai bahasa asing memang memberikan banyak keuntungan. Selain membuat kita tampak lebih cerdas dan berwawasan, kita juga akan tampak lebih keren. Hehe. Keuntungan yang lebih utama, dengan menguasai bahasa asing, kita akan memiliki peluang kerja yang lebih luas.

Kalian sadar kan kalau sekarang ini, dengan kemajuan jaman dan teknologi, semua hal menjadi lebih global? Termasuk juga dalam bekerja atau dalam menjalankan bisnis. Itulah kenapa kita harus menguasai bahasa asing. Agar kita memiliki kemampuan yang membuat kita dapat bersaing.

Dalam dunia bisnis tentu saja bahasa yang kerap digunakan adalah bahasa Inggris. Namun demikian ada beberapa bahasa lain yang juga patut dikuasai karena seringkali digunakan dalam dunia usaha. Yaitu bahasa jepang.

Saat ini bahasa…

9 Trik Bikin Hati Wanita Jepang Mudah Meleleh

Saat kita melihat wanita Jepang, tentu terlintas bayangan sosok wanita yang cantik, putih dan imut. Dimana sebagian besar para wanita Jepang mempunyai imej sebagai pekerja keras, bisa diandalkan dan tangguh. Bagi kalian yang memiliki rencana untuk kenal lebih dekat dan bahkan berniat mencari pacar wanita Jepang. Untuk itu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan demi merebut hati perempuan Jepang, berikut ini :
1. Manfaatkan Waktu Terbaiknya Memang bukan rahasia lagi bila masyarakat Jepang begitu menjaga waktu. Untuk itu, Anda harus memberi waktu terlebih lagi dengan cara romantis, pastinya Anda akan mendapatkan hatinya. Jangan pernah mengajaknya makan ketika suasana sedang tidak baik. Karena saking sibuknya wanita Jepang, ketika mereka memperoleh jam makan, maka mereka pun menganggap waktu tersebut adalah waktu terbaiknya. Dimana pemikiran tersebut telah tertanam rapi lewat pemikiran orang-oang Jepang.



Untuk itu, ketika kalian makan bersama pada saat suasana yang tidak nyaman, kemung…