Wednesday, January 18, 2017

5 Kiat Praktis Belajar Bahasa Jepang

Posted By: Author - 7:22 PM

Share

& Comment

Inilah 5 Kiat Praktis Belajar Bahasa Jepang. Bila Anda tertarik untuk belajar bahasa Jepang, Anda harus bisa dengan seksama dan efektif dalam mempelajari bahasa Jepang. Memang, belajar belajar Jepang bukanlah hal yang mudah, oleh karena itu dibutuhkan kesungguhan untuk mempelajarinya.


Salah satu hal yang menjadikan permasalahan dalam belajar bahasa Jepang adalah dalam mengingat atau pun menghafalkan kosa kata, huruf kanji, dan lain sebagainya.

5 Kiat Praktis Belajar Bahasa Jepang


Sehubungan dengan penjelasan tersebut, tentunya Anda ingin tahu, apa sajakah kiat-kiat yang pas dan efektif dalam mempelajari bahasa Jepang bagi Anda. Tak perlu berlama-lama lagi, mari bacalah pembahasannya di bawah ini ya. 


1. Berlatihlah Secara Rutin dengan Membuat Kalimat

Kiat yang pertama adalah dengan berlatihlah secara rutin dengan membuat kalimat. Bila Anda berpedoman pada buku Minna no Nihongo, Anda pasti temukan beragam pola kalimat yang digunakan dalam bahasa Jepang. Dari buku itulah, Anda bisa belajar bagaimana membuat kalimat secara tepat dan efektif berdasarkan dengan konteks serta situasinya. 

Tidak hanya itu, Anda juga bisa belajar bagaimana mengembangkan kalimat yang sudah Anda buat dengan suatu pola yang sama. Maka dari itu, berlatihlah secara rutin agar nantinya Anda bisa semakin mahir dalam membuat kalimat dengan menggunakan bahasa Jepang. Mulailah dengan kalimat yang mudah atau bisa juga dengan kalimat yang kita buat dari memperhatikan lingkungan sekitar kita. Misal Kyou wa ame desu (Hari ini hujan). Doko e mo ikemasen (Tidak bisa pergi kemana pun). Atau tentang waktu: Ima hachi ji desu (sekarang jam 8), dan lain-lain.

2. Belajar Bahasa Jepang dengan Berlatih Berbicara

 Tips berikutnya ialah dengan berlatih berbicara. Ya, Anda sudah bisa membuat kalimat dan memahami pola serta konteks kalimat, maka setelah itu latihlah untuk mengucapkan kalimat tersebut dengan percakapan. Ajaklah teman atau pun saudara untuk membantumu dalam belajar bahasa Jepang khususnya dalam pelafalan kalimat yang tepat. 

Jangan malu untuk berlatih berbicara menggunakan bahasa Jepang, karena hal tersebut sangatlah membantu Anda dalam menguasai kalimat dan percakapan. Bisa juga dengan merekam di Hand Phone sambil membaca kalimat yang kita inginkan, dan kita bisa mendengarkannya berulang-ulang, kapan pun.

3. Hafalkanlah Kosakata Hingga Hafal

Untuk meningkatkan kosa kata dalam bahasa Jepang, Anda bisa menghafalkan kosa katanya hingga Anda benar-benar hafal. Nah, bagaimana sih caranya? Anda dapat menghafalkan 40 kosa kata setiap minggunya dengan cara menulisnya berulang-ulang hingga benar-benar yakin sudah menguasainya. Stttttt, ini adalah rahasia sukses orang  Jepang yang setiap hari menuliskan kosakata dengan huruf kanji dalam jumlah tertentu, secara rutin hingga benar-benar hapal yang merupakan kebiasaan mereka sejak kecil yang biasanya menjadi kebiasaan sampai dewasa ketika mempelajari bahasa-bahasa asing lainnya. 

Serta latihlah bagaimana cara pengucapan kosa kata tersebut. Bila Anda sudah hafal, buatlah menjadi pola kalimat. Bila Anda mempelajari hal tersebut secara sungguh-sungguh dan rutin, nanti kian harinya Anda akan semakin terlatih dan hafal dan mempelajari bahasa Jepang tersebut. Ingat, bahasa apa pun, tidak terkecuali bahasa Jepang dan bahasa Indonesia juga bahasa-bahasa lain di dunia, kekuatannya ada pada penguasaan kosa kata.

4. Dengarkanlah Percapakan dari Native Speaker

Anda bisa mendengarkan percakapan dari native speaker. Bagaimana cara mempelajarinya? Anda bisa menggunakan buku bahasa Jepang Minna no Nihongo atau materi lain yang banyak bisa di download di internet. Anda bisa belajar bagaimana pelafalan kosakata bahasa Jepang dengan tepat dan Anda bisa menirukannya. Ingatlah bahwa Anda harus secara teratur dalam mempelajari percakapan tersebut, dan jangan malas untuk mencoba berlatih berbicara menggunakan bahasa Jepang. Salah satu cara yang cepat, adalah meniru. Ya meniru ! Dengarkan lalu ulangi dengan intonasi seolah-olah Anda orang Jepang.

5. Pelajari dan Ulangi Lagi Pelajaran yang Telah Anda Dapat

Dengan Anda belajar baik dari kosa kata, tulisan, atau pun percakapan bahasa Jepang, pelajari dan ulangilah kembali pelajaran tersebut sampai Anda benar-benar memahami hal tersebut. Bila Anda ternyata kesulitan dalam mempelajarinya, Anda bisa tanyakan kepada mentor Anda yang sudah handal dalam bidang pengajaran bahasa Jepang di lembaga Pendidikan Bahasa Jepang Profesional Tensai International.

Dari adanya kiat-kiat yang telah dijelaskan di atas mengenai cara untuk mempelajari bahasa Jepang seperti dengan berlatih secara rutin membuat kalimat, belajar bahasa Jepang dengan berlatih berbicara, hafalkanlah kosa kata hingga hafal, dengarkanlah percakapan dari native speaker, serta pelajari dan ulangi kembali pelajaran yang telah didapat merupakan metode-metode belajar yang bisa Anda gunakan secara efektif dan oke. Selain itu, bila Anda tertarik dan ingin untuk mengikuti kelas-kelas kursus bahasa Jepang secara lebih detail dan spesifik, Anda bisa mengikuti kelas yang disediakan oleh lembaga kursus dan pendidkan bahasa.

Sehubungan dengan hal tersebut, mungkin terkadang Anda merasa bingung mengenai lembaga kursus yang pas untuk Anda dalam belajar bahasa Jepang. Kini, Anda tidak perlu ragu dan khawatir lagi sebab Sekolah bahasa Tensai International adalah solusi bagi Anda yang mencari tempat kursus bahasa Jepang, karena Tensai terjamin dan terpercaya. Di sana, banyak tentor yang pastinya sudah mumpuni dan handal dalam bidang pengajaran bahasa Jepang.

Anda pun akan semakin terlatih dalam melafalkan kosakata bahasa Jepang, dan tentunya mahir dalam menulis pola kalimat. Tak hanya itu, banyak lulusan dari Sekolah bahasa Tensai Intenational juga semakin mahir dalam berbahasa Jepang.

Memang, tidak ada yang instan dalam belajar dan memahami bahasa Jepang. Dibutuhkanlah suatu sikap dan kesungguhan yang rutin atau pun teratur dalam mempelajari hal tersebut. Selain itu, tidak semua orang bisa belajar secara otodidak, maka dari itu adanya lembaga kursus bahasa Jepang sangatlah membantu dalam meningkatkan pemahaman Anda dalam belajar bahasa dari negeri sakura ini. Mari jangan ragu dengan menentukan pilihan pada Sekolah bahasa Tensai International.
 

About Author

Website Kursus Bahasa Jepang ini dikelola oleh CV Tensai International, sebuah lembaga pendidikan bahasa dan budaya Jepang di Karawang.

  • JAPANESE/ENGLISH/INDONESIAN LANGUAGE TRAINING
  • INTERPRETATION & TRANSLATION CENTER
Head Office: Ruko Emporium Galuh Mas Blok C-5/B20 Karawang. Branch Office 1: Ruko samping SMA 4 Karawang. Branch Office 2: Jl. Singaperbangsa Karawang. Telephone: 0896-1157-4857 - 0267-863-7522. Website: https://tensai-indonesia.com e-mail: tensai_int@yahoo.com - tensaiichi2000@gmail .com

0 comments:

Post a Comment

Copyright © Kursus Bahasa Jepang™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.