Tuesday, January 24, 2017

5 ALASAN BAHASA JEPANG MUDAH DIPELAJARI

Posted By: Author - 9:09 PM

Share

& Comment

Dalam menghadapi kemajuan jaman sekarang ini, setiap orang dituntut untuk memiliki kemampuan lebih yang akan membuatnya semakin layak untuk diperhitungkan. Salah satu kemampuan yang mutlak dimiliki antara lain kemampuan bahasa asing.


Seseorang yang memiliki kemampuan berbahsa asing tentu akan memiliki nilai lebih di mata orang lain. Dalam dunia kerja pun perluang baginya akan lebih terbuka lebar. Anda tentu tahu bahwa negara kita sekarang telah memasuki masa perdagangan bebas, dimana persaingan dalam dunia kerja dan dunia usaha sudah semakin ketat.

5 ALASAN BAHASA JEPANG MUDAH DIPELAJARI


Tenaga – tenaga kerja asing bisa lebih mudah untuk mendapatkan kerja di Indonesia. Oleh karena itu kita semua harus mempersiapkan diri agar dapat memperoleh masa depan yang lebih baik. Jika kita menguasai bahasa asing dan juga memiliki skill lain yang mendukung, tentu peluang untuk memperoleh pekerjaan di luar negeri akan terbuka.

Jika anda berniat untuk mempelajari bahasa asing demi menambah nilai anda, pilihlah bahasa yang sekiranya banyak digunakan dalam dunia internasional. Dengan demikian anda akan lebih mudah bersaing dalam dunia internasional. Hal lain yang perlu anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk mempelajari suatu bahasa asing ialah mengenai tingkat kesulitan dari bahasa itu sendiri.

Beberapa bahasa memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi. Hal tersebut akan membuat anda membutuhkan waktu yang lama untuk bisa menguasainya.

Jika anda tengah mencari bahasa asing untuk dipelajari, anda bisa memilih untuk kursus bahasa jepang. Kenapa? Karena bahasa Jepang merupakan salah satu bahasa yang banyak digunakan dalam dunia internasional. Selain itu bahasa jepang adalah bahasa yang cukup mudah untuk dipelajari.

Jika tidak percaya, baca ulasan berikut mengenai 5 alasan kenapa bahasa jepang mudah dipelajari.

1. Bahasa Jepang tidak mengenal bentuk singular dan Plural

Beberapa bahasa asing menggunakan bentuk singular / tunggal dan juga plural / jamak. Hal tersebut tentu saja akan mempersulit orang yang akan mempelajari bahasa tersebut. Seperti yang terdapat dalam bahasa Inggris misalnya, dimana kita harus selalu mengingat bahwa untuk bentuk jamak harus selalu diberi tambahan huruf “s” di belakang objek.

Berbeda halnya dengan bahasa jepang. Bahasa Jepang tidak mengenal perbedaan antara singular dan plural tersebut. Baik untuk subjeknya maupun untuk objeknya.

Sebagai contoh, “watashi wa hon o mochimasu”. Kalimat tersebut bisa digunakan untuk “saya membawa buku” atau “saya membawa buku – buku”. Berbeda bukan dengan bahasa Inggris yang akan membedakan objek berupa buku tersebut berjumlah satu atau lebih dari satu?

2. Tidak ada aturan gender dalam kalimat

Jika anda pernah memperhatikan penggunaan dalam bahasa Perancis, tentu anda akan tahu bahwa bahasa perancis kental dengan aturan gender. Bahkan untuk barang – barang seperti televisi, baju, dan barang – barang lain memiliki gender masing – masing yang harus kita hafalkan dan kita pahami. Ada la, le, dan les.

Hal tersebut sangat menyulitkan bagi orang yang benar – benar asing dengan bahasa tersebut.

Lain halnya dengan bahasa jepang. Dalam bahasa Jepang tidak ada peraturan mengenai gender dalam penggunaan kalimat. Hanya ada beberapa partikel saja yang khusus untuk diucapkan oleh laki – laki atau perempuan.

3. Pengucapannya mudah

Anda tentu sudah mengenal bahasa Inggris bukan? Pengucapan dalam bahasa Inggris dapat dikatakan sulit dan cukup rumit untuk menyesuaikannya. Begitu pula dengan bahasa Belanda, Prancis, Jerman dan lain – lain.

Jika anda mempelajari bahasa Jepang, kesulitan dalam pengucapan tersebut tidak akan terjadi. Karena apa yang tertulis, itulah yang dibaca. Sebagai contoh, tulisan “watashi wa” cukup dibaca sesuai dengan tulisan tersebut.

4. Bahasa Jepang tidak mengenal tonal

Dalam mempelajari bahasa jepang anda tidak akan mengalami kesulitan karena adanya perbedaan tonal atau aksen. Tidak seperti pada bahasa Mandarin yang setiap tinggi rendahnya nada akan memberikan makna yang berbeda pada kata yangtengah diucapkan. Komunikasi tanpa adanya tonal ini tentu akan membuat komunikasi menjadi jauh lebih mudah dan efisien.

5. Struktur kalimat dalam bahasa Jepang sederhana

Kalimat dalam bahasa Jepang sangatlah sederhana. Tidak membutuhkan ‘to be’ seperti dalam Bahasa Inggris dan bahasa Arab. Terkadang subjekpun tidak perlu digunakan dalam membentuk suatu kalimat. Bahkan, kata benda ditambah dengan “desu” saja sudah menajdi suatu kalimat utuh.

Nah, itulah 5 alasan kenapa bahasa jepang lebih mudah dipelajari dibandingkan dengan bahasa – bahasa asing lainnya. Memang dalam bahasa Jepang dikenal tulisan kanji yang tampaknya cukup rumit, tapi tulisan tersebut akan bisa anda kuasai seiring dengan berjalannya waktu.

Selama anda betul – betul semangat dan memiliki niat untuk dapat menguasai bahasa jepang, tentu anda tak akan mengalami kesulitan yang berarti. Bagi anda yang tengah mencari kursus bahasa jepang, anda bisa menghubungi Sekolah bahasa Tensai International.

About Author

Website Kursus Bahasa Jepang ini dikelola oleh CV Tensai International, sebuah lembaga pendidikan bahasa dan budaya Jepang di Karawang.

  • JAPANESE/ENGLISH/INDONESIAN LANGUAGE TRAINING
  • INTERPRETATION & TRANSLATION CENTER
Head Office: Ruko Emporium Galuh Mas Blok C-5/B20 Karawang. Branch Office 1: Ruko samping SMA 4 Karawang. Branch Office 2: Jl. Singaperbangsa Karawang. Telephone: 0896-1157-4857 - 0267-863-7522. Website: https://tensai-indonesia.com e-mail: tensai_int@yahoo.com - tensaiichi2000@gmail .com

0 comments:

Post a Comment

Copyright © Kursus Bahasa Jepang™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.