10 Keuntungan Belajar Bahasa Jepang

Tahukah Anda bahwa belajar bahasa baru sebenarnya bisa membuat Anda lebih pintar? Penelitian ilmiah dalam pembelajaran bahasa menunjukkan bahwa ketika Anda mempelajari bahasa baru, hal itu menyebabkan pertumbuhan otak. Jika Anda ingin memanfaatkan kekuatan otak yang meningkat, Anda pasti bertanya-tanya bahasa apa yang harus dipelajari. Jika Anda benar-benar ragu, ketahuilah bahwa bahasa Jepang adalah pilihan yang sangat populer untuk pelajar bahasa. Saat menyelidiki mengapa demikian, alasannya tidak terlalu mengejutkan. 

 



1. Belajar Bahasa Jepang Bisa Menjadi Dasar untuk Mempelajari Budaya Baru

Selama proses belajar bahasa Jepang, kemungkinan besar Anda akan mempelajari segala macam hal tentang Jepang itu sendiri. Anda akan mempelajari sejarah suatu negara dan perbedaan dialek antara satu daerah dengan daerah lain. Anda juga akan belajar menggunakan kata-kata khusus untuk adat dan budaya Jepang. Ini memungkinkan Anda untuk perlahan-lahan membuka diri dan belajar lebih banyak dari yang pernah Anda bayangkan tentang Jepang, orang-orangnya, dan sejarahnya yang kaya dan menarik.

2. Belajar Bahasa Jepang Tidak Sesulit yang Mungkin Anda Pikirkan

Meskipun mempelajari bahasa baru bisa jadi sulit, Anda sudah memiliki keuntungan tersendiri sebagai penutur asli bahasa Inggris. Bahasa Inggris sebenarnya adalah salah satu bahasa yang paling sulit dipelajari. Tetapi bahasa baru apa pun bisa menakutkan hanya karena sangat berbeda dari yang biasa Anda gunakan. Namun, setelah Anda mulai mempelajari beberapa karakter Jepang, Anda akan terkejut dengan betapa mudahnya mereka mengingatnya dengan latihan teratur. Banyak orang yang memulai dengan alfabet hirigana terlebih dahulu, jadi pertimbangkan untuk mempelajari karakter-karakter ini pada awalnya jika Anda berencana untuk belajar sendiri.

3. Belajar Bahasa Jepang Meningkatkan Pilihan Pekerjaan Anda

Seiring ekonomi dunia menjadi semakin global, sangat masuk akal untuk menggunakan bahasa sebagai alat untuk mengembangkan dan meningkatkan opsi bisnis Anda. Ingin bekerja di Jepang? Akan lebih lancar jika Anda mempelajari bahasanya daripada mencoba mencari bisnis milik Amerika atau berharap rekan kerja Anda akan memahami Anda. Anda akan menemukan bahwa mempelajari setidaknya satu bahasa lain dapat sangat meningkatkan prospek pekerjaan Anda.

4. Belajar Bahasa Jepang Membantu Dengan Sensitivitas Bahasa yang Lebih Baik

Begitu Anda mulai belajar bahasa Jepang, Anda akan kagum betapa orang bisa salah mengira itu sebagai bahasa Cina, Thailand, atau Korea. Bagi telinga yang tidak terlatih dan tidak peka, banyak bahasa Asia mungkin "terdengar mirip". Namun, saat Anda mulai belajar bahasa Jepang, Anda akan dengan mudah membedakan bahasa Jepang dari bahasa Korea dan China.

5. Anda Menghindari Hal-hal "Hilang Dalam Terjemahan"

Acara anime dan televisi Jepang menjadi sangat populer di Amerika Serikat. Seluruh generasi anak-anak tumbuh dengan menonton acara seperti Dragon Ball Z, Sailor Moon, dan Naruto. Namun, mungkin mengejutkan untuk mengetahui dengan tepat berapa banyak yang hilang dalam terjemahan. Ini mencakup apa saja mulai dari frasa yang diedit hingga "masuk akal" dalam bahasa Inggris, hingga aktor suara yang gagal menangkap emosi yang benar dalam acara aslinya, hingga sensor Amerika yang mencoba menganggap materi pelajaran PG-13 atau R sebagai "ramah anak". Jika Anda dapat memahami sendiri konten asli, Anda tidak perlu khawatir tentang masalah pengeditan yang tidak memadai.

6. Belajar Bahasa Jepang Memudahkan Mendapatkan Lebih Banyak Teman Secara Online

Bagi banyak pengguna di dunia Barat, internet adalah realitas "hanya dalam bahasa Inggris". Karena itu, Anda dapat berasumsi bahwa warga negara di Jepang terlibat dalam aktivitas online dengan kecepatan yang sama dengan orang Amerika. Tapi ini SANGAT tidak akurat. Jepang memiliki populasi yang termasuk paling paham internet di dunia. Ada alasan sederhana mengapa interaksi antara orang Amerika yang berbahasa Inggris dan warga negara Jepang tidak sehebat yang seharusnya: Seringkali orang-orang ini menggunakan situs berbahasa Jepang. Belajar bahasa Jepang akan memungkinkan Anda untuk menjelajahi lokasi-lokasi ini dan menemukan teman baru untuk berinteraksi.

7. Belajar Bahasa Jepang Membantu Anda Bernyanyi Sepanjang Jalan Melalui Lagu Jpop Favorit Anda

Jika Anda adalah penggemar Jpop (musik pop Jepang), tetapi tidak bisa berbahasa Jepang, Anda akan kehilangan kenikmatan lengkap dari musik yang Anda suka. Anda mungkin berpikir bahwa cukup bersenandung mengikuti melodi dan menyanyikan lirik dan kata bahasa Inggris apa pun yang ada dalam lagu tersebut. Tetapi Anda akan merasakan pengalaman yang sama sekali berbeda ketika Anda benar-benar dapat memahami arti dan emosi di balik lagu-lagu tertentu.

8. Belajar Bahasa Jepang Akan Menginspirasi Anda untuk Belajar Bahasa Asia Timur Lainnya

Dengan kemungkinan pengecualian Japanophiles, atau orang yang secara eksklusif terpaku pada semua hal tentang bahasa Jepang, orang yang belajar tentang bahasa dan budaya Jepang dapat tergerak untuk belajar tentang negara dan budaya Asia lainnya. Bukan hal yang aneh jika seseorang mempelajari bahasa Jepang terlebih dahulu, kemudian beralih ke bahasa Korea, China, Vietnam, atau Thailand. Ini akan memungkinkan Anda untuk memperluas pemahaman Anda tentang bahasa dan budaya di Asia Timur.

9. Belajar Bahasa Jepang Memberi Anda Pendekatan yang Kurang Konvensional

Meskipun kartun dan video game Jepang populer di Amerika Serikat, dari segi bahasa, orang Amerika sering memilih untuk menggunakan bahasa Eropa. Sementara orang lain membanggakan bahasa Spanyol, Prancis, atau Jerman sebagai bahasa kedua, mengatakan bahwa Anda dapat berbicara bahasa Jepang dengan lancar akan membuat Anda menonjol dan memungkinkan Anda menawarkan perspektif yang unik dibandingkan dengan teman-teman Anda.

10. Itu Bisa Membantu Anda Belajar di Luar Negeri

Sekolah Jepang memiliki standar pembelajaran yang tinggi di semua jenjang pendidikan. Jika Anda tertarik untuk belajar di luar negeri, Jepang akan menjadi tempat terbaik untuk melakukannya. Tentu saja, belajar di negara lain akan sangat bermanfaat jika Anda dapat berbicara bahasanya dengan sangat baik, jadi pastikan Anda merasa nyaman dengan ketiga "abjad" Jepang (hirigana, katakana dan kanji) sebelum melakukan upaya ini. Seperti yang Anda lihat, alasan di balik memilih untuk belajar bahasa Jepang beragam. Namun, ini bisa menjadi pengalaman berharga yang membantu Anda menumbuhkan pengetahuan Anda tentang dunia di sekitar Anda.

No comments:

Post a Comment