Tuesday, October 17, 2017

Tips Bagi Turis Muslim di Jepang

Posted By: Badar Masbadar - 5:55 PM

Share

& Comment

Inilah beberapa tips bagi turis muslim di Jepang. Jumlah wisatawan muslim yang berkunjung ke Jepang tersu mengalami peningkatan beberapa tahun belakangan. Namun, hal ini terkadang menimbulkan problem tersendiri mengingat Jepang adalah negara dengan jumlah penduduk muslim yang sangat sedikit. Oleh karena itu, tak heran apabila di Jepang tidak semua tempat, terutama restoran dan kios penjual makanan menyediakan menu makanan halal maupun fasilitas ramah muslim lainnya seperti tempat beribadah, misalnya. Beberapa permasalahan yang sering dihadapi oleh wisatawan muslim, tips untuk mengatasinya, dan tempat kursus bahasa untuk persiapan sebelum pergi ke Jepang sudah kami rangkum secara lengkap dalam artikel ini. Kursus Bahasa Jepang? Di Tensai Karawang tempatnya.

Yang Biasanya Menjadi Permasalahan


Permasalahan pertama adalah jumlah tempat ibadah berupa masjid atau mushola di jepang tidak sebanyak di Indonesia. Itulah yang terkadang membuat wisatawan muslim bingung di mana harus melaksanakan shalat.


Permasalahan kedua yang sering dihadapi adalah soal makanan. Banyak dari menu makanan yang disajikan di restoran atau kedai makan Jepang terbuat dari bahan makanan yang tidak diizinkan untuk dikonsumsi oleh orang-orang muslim, misalnya daging babi, arak, dan lain sebagainya.

Tips Bagi Turis Muslim di Jepang

Bahkan terkadang mie instan pun mengandung bahan yang tidak diperbolehkan untuk kita konsumsi, misalnya saja minyak atau lemak babi. Hal ini jelas membuat turis yang beragama muslim sellau was-was apabila berhadapan dengan persoalan makan di Jepang.

Tips Bagi Turis Muslim di Jepang


Lalu, dengan berbagai kendala tersebut, masihkah mungkin bagi wisatawan yang beragama muslim untuk berkunjung ke Jepang? Tentu saja mungkin. Berikut ini kami berikan tips untuk wisatawan yang beragama muslim bila ingin berkunjung ke Jepang.

1. Walaupun tidak banyak, namun sebenarnya ada beberapa masjid yang bisa Anda kunjungi jika ingin melaksanakan shalat di negeri sakura ini. Masjid tersebut tersebar di berbagai wilayah di Jepang seperti, Tokyo, Kanagawa, Gunma, Chiba, Ibaraki, Saitama, Gifu, Yamanashi, Nagano, Shizuoka, Aichi, Osaka, Hiroshima, Tottori, dan lain-lain. Oleh karena itu, ada baiknya sebelum Anda meninggalkan hotel, Anda melakukan riset terlebih dahulu melalui internet di mana lokasi masjid terdekat dengan tempat wisata yang Anda kunjungi. Sehingga Anda bisa merencanakan rute yang ditempuh dan bagaimana nanti akan beribadah.

2. Rencanakan dengan baik jadwal jalan-jalan, sehingga tidak bertabrakan dengan waktu shalat. Misalnya, jika Anda ingin mengunjungi tempat wisata yang di sekitarnya tidak terdapat masjid dan jauh dari tempat Anda menginap, usahakan untuk mengunjunginya di waktu jeda shalat yang panjang. Jika jeda antar waktu shalat sempit atau pendek, usahakan untuk mengunjungi tempat yang tidak terlalu jauh dari penginapan Anda atau di mana Anda akan mudah mengakses tempat ibadah.

3. Terkait dengan makanan, Anda bisa membeli roti yang halal (periksa dulu komposisinya) dan membawanya kemana-mana ketika anda berkeliling Jepang, sehingga apabila Anda tiba-tiba merasa lapar dan kesulitan menemukan restoran halal di sekitar Anda, roti tersebut bisa dimanfaatkan untuk mengganjal perut Anda sementara waktu.

4. Rajin-rajinlah membaca komposisi pada kemasan makanan yang akan Anda beli di supermarket.

5. Belilah bahan makanan yang jelas halal, seperti sayur, buah, telur, dan masaklah sendiri di hotel atau penginapan jika memungkinkan.

6. Rajin-rajinlah mencari informasi di internet tentang restoran yang menjual makanan halal.

7. Kuasai Bahasa Jepang sehingga Anda bisa berkomunikasi dengan orang sekitar, baik ketika akan menanyakan informasi tentang tempat ibadah ataupun makanan halal.

Untuk bisa menguasai bahasa Jepang dengan efektif dan cepat, Anda bisa menghubungi Tensai Nihongo Bunka Gakuin, sebuah lembaga kursus yang berlokasi di Tangerang. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa kunjungi tensai-indonesia.com atau telepon ke 0896-1157-4857. Kursus Bahasa Jepang? Di Tensai Karawang yang paling oke.

About Badar Masbadar

Website Kursus Bahasa Jepang ini dikelola oleh CV Tensai International, sebuah lembaga pendidikan bahasa dan budaya Jepang di Karawang.

  • JAPANESE/ENGLISH/INDONESIAN LANGUAGE TRAINING
  • INTERPRETATION & TRANSLATION CENTER
Head Office: Ruko Emporium Galuh Mas Blok C-5/B20 Karawang. Branch Office 1: Ruko samping SMA 4 Karawang. Branch Office 2: Jl. Singaperbangsa Karawang. Telephone: 0896-1157-4857 - 0267-863-7522. Website: https://tensai-indonesia.com e-mail: tensai_int@yahoo.com - tensaiichi2000@gmail .com

0 comments:

Post a Comment

Copyright © Kursus Bahasa Jepang™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.